Wakil Bupati Buton Tengah Meninggal Dunia, Ketua DPRD: Kita Sangat Kehilangan

Wakil Bupati Buton Tengah Meninggal Dunia, Ketua DPRD: Kita Sangat Kehilangan
Suasana di kediaman Wakil Bupati Buteng. kapten Inf. (Purn) La Ntau, Selasa (4/8/2020).

BUTON TENGAH - Innalillahi wainnailaihi rojiun, Wakil Bupati Buton Tengah (Wabup Buteng) Kapten Inf. (Purn) La Ntau meninggal dunia pada Selasa (4/8/2020). Informasi yang berhasil dihimpun media ini, almarhum semasa hidupnya dikenal berjiwa sosial, sangat baik dan santun terhadap masyarakat kelas bawah.

"Saya juga kaget tadi saat dengar kabarnya kalau beliau sudah meninggal, antara percaya dan tidak, karena kita tidak disangka-sangka beliau akan dipanggil Yang Maha Kuasa secepat ini. Beliau ini kasian sangat baik orangnya, sudah banyak masyarakat suku Buton yang beliau bantu di Papua, terutama anak-anak Buton yang tes tentara di Papua. Waktu sudah jadi Wakil Bupati saja gajinya sebagian beliau sumbangkan untuk membantu masyarakat Lombe yang tidak mampu, terutama orang-orang tua yang sudah lanjut usia," kenang salah satu kerabat yang enggan dipublikasi identitasnya.

Kerabat lainnya, Ruslan mengatakan sejak beberapa hari belakangan almarhum dirawat di kediamannya oleh anak pertama dan menantunya sendiri yang kedua-duanya berprofesi sebagai dokter. Terkait penyakit yang diderita belum ada informasi yang pasti dari pihak keluarga maupun kerabat lainnya.

"Memang sudah beberapa hari memang beliau dirawat di rumah, tapi tadi sebelum saya ke Baubau beliau juga masih sempat cerita-cerita," ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Danramil 1413-10/Gu Kapten Inf. Rain mengatakan bahwa pemakaman bakal diadakan dengan upacara kemiliteran pada Rabu 5 Juli 2020. Hal ini mengingat, almarhum pernah mendapatkan penghargaan dan piagam Bintang Nararya semasa berdinas di TNI Angkatan Darat.

"Tadi saya sudah laporan di Kodim 1413 Buton di Baubau, hari Rabu besok beliau akan dimakamkan secara kemiliteran, karena beliau pernah dapat penghargaan tanda jasa Bintang Nararya, kalau ada piagam itu maka wajib dimakamkan secara militer. Kemudian ada informasi dari pihak keluarga, besok sambil menunggu kedatangan anaknya anggota TNI AD yang bertugas di Jayapura," ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto, S.Pd mengaku kaget dan turut berduka cita saat mendengar kabar tentang meninggalnya Wakil Bupati Buteng. Pucuk pimpinan DPRD Buteng ini pun mengaku sangat kehilangan dengan kepergian almarhum.

"Tadi saya dengar kabar saya kaget sekali,  semacam saya tidak percaya karena setau saya beliau ini sehat-sehat, tapi setelah saya pantau di grup WhatsApp KNPI Buteng ternyata betul. Saya atas nama pribadi maupun secara kelembagaan turut berduka cita dan kita sangat kehilangan, karena beliau adalah sosok pemimpin yang baik dan humanis di mata kami, semoga arwah beliau mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan iman dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini," tuturnya.

Dari pantauan media ini, Bupati Buteng H. Samahuddin, SE, Sekda Buteng H. Kostantinus Bukide, SH., M.Si, Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto, S.Pd serta seluruh pejabat Buton Tengah eselon II, III, IV dan staf lainnya turut hadir di rumah duka, di jalan poros Lombe-Wamengkoli, Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu.