Sambut HUT RI ke-75, Camat Gu Instruksikan Warga Benahi Pagar

Sambut HUT RI ke-75, Camat Gu Instruksikan Warga Benahi Pagar

BUTON TENGAH - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang, unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Gu menggelar rapat di aula kantor camat setempat, di Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (11/8/2020).

Selain Camat Gu Basri, S.Pd, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek Gu Iptu Yutaman Pontengi, Pelda TNI Jamil yang mewakili Danramil 1413-10/Gu, serta para kepala desa/lurah se Kecamatan Gu. Dalam kegiatan tersebut, Camat Gu menginstruksikan agar warga Kecamatan Gu segera membenahi pagar tiap-tiap rumah, utamanya yang berada di pinggir jalan raya.

Saat dikonfirmasi media ini, Camat Gu Basri, S.Pd menuturkan, kesimpulan dari hasil rapat yakni upacara peringatan HUT RI ke-75 akan dilaksanakan oleh unsur Muspika di pelataran kantor Camat Gu, yang bakal diikuti oleh para ASN lingkup Pemerintah Kecamatan Gu, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta jarak antar peserta upacara. 

Terkait jumlah personil peserta upacara, Camat Gu mengatakan bahwa hal itu akan dikondisikan antara luas halaman kantor dengan kapasitas jumlah personil peserta upacara.

"Yang akan kita undang nanti para kepala desa dan lurah, kalau teman-teman dari guru ASN di Kecamatan Gu hanya beberapa sekolah terdekat yang akan diundang, karena kita sesuaikan dengan luasnya lapangan, kalau kita mau undang semua pasti tidak akan muat halaman kantor Kecamatan," tutur Camat Gu.

Disebutkannya, ia selaku Camat Gu berani mengeluarkan instruksi tersebut karena merujuk pada hasil rapat bersama pihak pemerintah Kabupaten Buton Tengah beberapa waktu lalu.

"Kami imbau kepada seluruh masyarakat disekitar pusat Kecamatan Gu, agar membenahi dan mengecat pagar di masing-masing rumah yang berada di pinggir jalan, serta pemasangan umbul-umbul," sebutnya.

"Kita dihimbau oleh Pemerintah daerah, agar pagar itu seragam se Buton Tengah ini. Kalau untuk warna pagar, untuk sementara kita masih merujuk ke warna putih dan merah. Kalau untuk kegiatan yang lain-lainnya, kita belum bisa laksanakan, karena saat ini masih ada pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," sambungnya.

Sementara itu, Kapolsek Gu Iptu Yutaman Pontengi, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Gu agar mampu menjaga keamanan dan keterbitan di lingkungannya masing-masing.

"Marilah kita ciptakan rasa aman dengan cara sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing, karena aman itu lebih baik," pungkasnya.