Nurmiana Basri Resmi Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gu

Nurmiana Basri Resmi Dilantik Jadi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gu

BUTON TENGAH - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Hj. Jusniar, A.Md.Keb, resmi melantik Nurmiana Basri, S.Pd sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gu di gedung pertemuan SMPN 1 Buton Tengah, Selasa (20/10/2020).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Tengah, Nomor 007/KEP/PKK Buteng/IX/2020.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Camat Gu Basri, S.Pd selaku Pembina PKK Kecamatan Gu, Danramil 1413-10/Gu Kapten Inf. La Ode Rain bersama ibu, Sekcam dan para staf Pemerintah Kecamatan Gu, para kepala desa/lurah se-Kecamatan Gu, masing-masing bersama ibu, serta para pengurus PKK se-Kecamatan Gu.

Camat Gu Basri, S.Pd selaku Pembina PKK Kecamatan Gu dalam sambutannya menyebutkan bahwa PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Selain itu, PKK juga adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita atau kaum ibu sebagai penggeraknya.

Dikatakannya pula, tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan, serta kemajuan dalam kehidupan keluarga secara lahir dan batin.

Menurutnya, keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera, karena keluarga adalah kelompok terkecil dalam masyarakat yang mempunyai abdi dan peran besar pada proses pembangunan, sehingga hal ini diharapkan dapat berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera.

"Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana untuk terus memajukan PKK, serta mengutamakan penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehiduapan yang berorientasi pada pelestarian lingkungan," ucapnya.

Basri juga menjelaskan, PKK dapat menjadi pilar kokoh yang tidak hanya terfokus pada kesejahteraan, namun juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan program Keluarga Berencana (KB).

Melalui program pengembangan demokrasi kata Basri, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. Visi gerakan PKK yakni mewujudkan keluarga yang sejahtera untuk menuju masyarakat yang madani, yaitu masyarakat yang maju, mandiri, demokratis, partisipatif dan sadar hukum. 

"Olehnya itu, saya berharap kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gu yang baru, untuk dapat melanjutkan tugas, mewujudkan visi misi gerakan PKK, melaksanakan 10 program PKK, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, serta segera menyusun program kerja yang akan dijalankan," tegas Basri.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Buton Tengah, Hj. Jusniar, A.Md.Keb berharap kepada Nurmiati Basri, agar amanah sebagai Ketua PKK Kecamatan Gu dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan bekerja dengan ikhlas, demi kemajuan pembangunan Buton Tengah yang berkah.

Istri Bupati Buteng ini juga mengimbau kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gu untuk selalu memperhatikan administrasi PKK Kecamatan, terutama menyangkut pengisian data kegiatan agar dapat tersusun dengan baik dan benar. 

Tak hanya itu, Jusniar juga menyampaikan agar Tim Penggerak PKK Kecamatan Gu dapat melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK sebelumnya. 

Ia juga menambahkan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Tim Penggerak PKK, demi kemajuan daerah Buton Tengah, antara lain: 

1. Peran serta Tim Penggerak PKK dalam meningkatkan jumlah akseptor di kecamatan.
2. Peningkatan fungsi PAUD di Posyandu.
3. Partisipasi dalam mengurangi angka buta aksara.
4. Sosialisasi untuk mengurangi sampah plastik, dengan cara sebisa mungkin tidak menggunakan bahan plastik dalam kegiatan sehari-hari.
5. Sosialisasi dalam rangka pencegahan Stunting, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehat dan berimbang.

6. Program-program dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan genre.
7. Sosialisasikan selalu memakai masker, setiap selaku melakukan akivitas dan mematuhi protokol kesehatan.
8. Secepatnya membuat laporan tahunan di akhir bulan November 2020. karena laporannya PKK Kecamatan Gu harus sudah masuk pada bulan Desember awal.

(Anto)