Kunker Bupati Buteng, Empat Proyek Ditarget Selesai Akhir 2020

Kunker Bupati Buteng, Empat Proyek Ditarget Selesai Akhir 2020

BUTON TENGAH - Bupati Buton Tengah (Buteng) H. Samahuddin, SE kembali melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) berupa peninjauan empat proyek yakni, penambahan ruangan Puskesmas Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, Pengaspalan jalan di Pantai Mutiara, Pembangunan Pintu Gerbang di pertigaan ujung Desa Lolibu, serta peninjauan Pembangunan Gedung Rumah Sakit Covid-19 yang terletak di area Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton Tengah.

Berdasarkan data yang tertulis pada papan proyek, penambahan ruangan gedung Puskesmas Desa Wakambangura Kecamatan Mawasangka menelan anggaran sebesar Rp. 1.558.782.755,- dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pelayanan Kesehatan Dasar, dengan nama pelaksana CV. Fajar Menyingsing. Pekerjaan dimulai pada 20 Juli sampai dengan 6 November 2020.

Kepada awak media, Bupati Buteng H. Samahuddin, SE mengungkapkan bahwa penambahan ruangan Gedung Puskesmas Wakambangura diharapkan dapat mempermudah akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kecamatan Mawasangka dan sekitarnya.

"Tahun ini baru dua yang kita bangun, yaitu Puskesmas di Kecamatan Talaga dan di Desa Wakambangura, kalau untuk tahun depan kita akan bangun lagi di Kecamatan Sangia Wambulu," ungkapnya, Jumat (16/10/2020).

Saat meninjau proyek pengaspalan jalan di pantai Mutiara, H. Samahuddin menyebutkan, proses pengaspalan jalan di area Pantai Mutiara dirasa perlu, sebagai upaya pelayanan dan penyediaan sarana prasarana berupa jalan beraspal ke lokasi wisata.

"Alhamdulillah setiap pekan sudah mulai banyak pengunjung dari luar daerah Buteng, bahkan ada juga yang bermalam kalau bertepatan dengan malam Minggu. Nanti kita adakan juga pembenahan-pembenahan sarana maupun fasilitas yang mulai rusak di pantai Mutiara," sebutnya.

Pengaspalan jalan di area Pantai Mutiara kata Samahuddin, dikerjakan sepanjang 500 meter dan lebar 15 meter, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 kurang lebih sebesar Rp. 3 miliar.

"Pengaspalannya harus tuntas bulan Desember 2020, bagaimana kita tidak mau aspal, Pantai Mutiara ini kan sudah mulai pake retribusi. Kita lakukan juga pelebaran tempat parkiran, sebagai salah satu daya tarik juga bagi para pengunjung atau wisatawan," ucapnya.

Pada peninjauan pembangunan Pintu Gerbang yang terletak di pertigaan ujung Desa Lolibu, Bupati Buteng menuturkan bahwa pembuatan pintu gerbang tersebut dimaksudkan, agar masyarakat pengunjung dari luar Buteng dengan mudah mengenali pembatas antara wilayah Kecamatan Lakudo dan Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim).

"Pekerjaannya baru sekitar 40 persen, kendalanya yang satu tiang di bagian barat tadi karena ada kabel listrik, makanya akan dipindahkan dulu tiang dan kabel listriknya baru akan dipasang tiangnya," imbuhnya.

"Insyaallah kalau ada anggaran kedepan, pintu gerbangnya kita akan bangun di tiap kecamatan, di Lombe - Tolandona saya bangun satu, di Mawasangka juga saya bangun satu. Pintu gerbang di Lolibu ini kita targetkan akhir Desember 2020 sudah selesai," ujarnya.

Pembangunan pintu gerbang di pertigaan ujung Desa Lolibu tersebut menelan anggaran sebesar Rp. 1.490.970.000,- dengan target penyelesaian pada awal Desember 2020.

Tiba di kompleks gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton Tengah, H. Samahuddin menjelaskan bahwa pembangunan gedung Rumah Sakit Covid-19 menelan anggaran sebesar kurang lebih Rp. 7 miliar dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020.

"Bangunan ini untuk rumah sakit Covid-19, anggarannya Rp. 7 miliar. Kemarin ada bantuan dana DID (Dana Insentif Daerah) dari pemerintah pusat. Mungkin karena laporan pelaporan keuangan kita cukup bagus, sehingga kita dibantu Rp. 15 miliar lebih. Makanya gedung ini nanti digunakan khusus untuk pasien Covid-19, sehingga pasien yang terkena Covid-19 jangan lagi digabungkan di ruangan Rumah Sakit Umum (RSU)," tutupnya. (Anto)