Jalin Sinergitas Pengamanan Laut, KRI YOS-353 Latihan Bersama Lanal dan Bea Cukai Palu

Jalin Sinergitas Pengamanan Laut, KRI YOS-353 Latihan Bersama Lanal dan Bea Cukai Palu

PALU - Guna menjalin sinergitas antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Bea Cukai Pantoloan, Kapal Perang Republik Indonesia Yos Sudarso (KRI YOS)-353 dibawah pimpinan Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi menggelar latihan terpadu dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Kota Palu dan Pangkalan Sarana Operasi (Pangsarops) Bea Cukai Pantoloan di perairan Teluk Palu, wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Selasa (1/9/2020).

Selain menjalin sinergitas, kegiatan tersebut juga sebagai upaya kerjasama pelaksanaan pengamanan di wilayah laut. Adapun materi latihan yang dilaksanakan kali ini, yakni Visit Board Search and Seizure (VBSS), Tactical Maneuvering dan Firing Exercise. 

Dijelaskan bahwa dalam latihan tersebut disimulasikan kegiatan VBSS secara bersama/terpadu, dengan sasaran MV Meratus Batam yang sedang berlabuh jangkar di Perairan Teluk Palu. Kapal tersebut terindikasi membawa paket Narkoba selundupan yang akan masuk melalui Kota Palu.

"Latihan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, sebagai upaya untuk membina sinergitas unsur operasi TNI AL dengan pangkalan serta menggandeng stakeholder lainnya, dalam hal ini Bea Cukai," ucap Kolonel Rizky.

"Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas dukungan Komandan Lanal Palu Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, serta Kepala Pangsarops Bea Cukai Pantoloan Bapak Asep Budi yang telah mendukung penuh berhasilnya pelaksanaan kegiatan latihan ini," tembahnya mengakhiri. (***)