Ciptakan Tenaga Kerja Terampil, Pemda Buteng Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Ciptakan Tenaga Kerja Terampil, Pemda Buteng Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

BUTON TENGAH - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), yang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaaan Republik Indonesia (Kemenaker RI), menggelar kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Non Institusional di Gedung Sanggar Seni, Desa Morikana, Kecamatan Mawasangka Tengah pada Jumat (16/10/2020).

Pelatihan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Buton Tengah H. Samahuddin, SE. Kegiatan yang diikuti oleh 64 peserta tersebut dilaksanakan mulai 16 Oktober sampai 20 November 2020, dengan empat paket kegiatan yaitu, menjahit pakaian dasar paket I dan II, serta teknik sepeda motor konvensional paket I dan II.

Turut hadir dalam kegiatan dimaksud yakni Kepala BLK Kendari Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd., M.Pd, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) La Saripi bersama para Kepala OPD se-Buton Tengah, Camat Mawasangka Tengah (Masteng) Hamka, serta Kapolsek Masteng Ipda Busrol.

Ketua panitia pelatihan Ir. Nurjayanti dalam sambutannya memaparkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai kebutuhan industri, guna menciptakan maupun mengisi lapangan kerja melalui kegiatan usaha mandiri.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan sikap mental kepada para peserta pelatihan, pemanfaatan program pelatihan dari Kemenaker RI yang berorientasi pada kompetensi, peningkatan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kebutuhan masing-masing," paparnya.

Kepala BLK Kendari Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd., M.Pd juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka menyukseskan program-program Kemenaker RI, sekaligus mendukung dan menyukseskan visi misi H. Samahuddin sebagai Bupati Buton Tengah yang senantiasa menjadikan daerah Buton Tengah jauh lebih maju dan sejahtera.

"Khusus tahun 2020 ini, yang pertama kali kami kunjungi adalah Kabupaten Buton Tengah, peserta dalam kegiatan ini kami catat sebagai pelaku usaha dibawah binaan Kemenaker RI melalui BLK Kendari. Tadi juga kami sudah diskusi dengan pak Bupati, mudah-mudahan alumni pelatihan ini bisa membentuk kelompok-kelompok usaha yang dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya, maupun masyarakat sekitar," tuturnya.

Selain itu, Bupati Buteng H. Samahuddin, SE juga mengatakan, sebanyak 64 peserta yang mengikuti kegiatan akan dididik dan dilatih menjadi terampil, sesuai dengan bidang profesi yang diikutinya, serta bertujuan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Buton Tengah.

"Kegiatan ini sangat kita syukuri, karena dapat meningkatkan keterampilan dan bisa membuka lapangan kerja, untuk itu apa yang disampaikan oleh para instruktur harus diikuti dengan baik dan dilaksanakan, karena manfaatnya nanti bisa dirasakan oleh para peserta maupun untuk masyarakat Buton Tengah secara umum," pungkasnya. (Anto)