Bupati Buteng Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pagar Seragam di Desa Kolowa

Bupati Buteng Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pagar Seragam di Desa Kolowa

BUTON TENGAH - Bupati Buton Tengah (Buteng) H. Samahuddin, SE menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan pagar seragam di Desa Kolowa, Kecamatan Gu, Jumat (25/09/2020). 

Diketahui, pagar seragam yang akan dibangun sepanjang 640 meter, dengan menggunakan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 236.362.545,00 yang pengerjaannya dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Kolowa selama 90 hari kalender.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemuda dan Olahraga Anzar, S.Pd., M.Pd, Kadis Kominfo H. Kasim, S.Pd., M.Si, Camat Gu Basri, S.Pd, Danramil 1413-10/Gu Kapten Inf. Rain, Kepala Desa (Kades) Kolowa Yasman, S.Pd, Kades Wadiabero Ismail, Sekdes Kolowa Jamil, SH., MH, serta Imam Desa Kolowa La Ode Suarji, S.Pd.

Acara seremonial pada kegiatan tersebut diadakan di teras Masjid Syukur Desa Kolowa yang diikuti oleh seluruh perangkat Desa Kolowa, para anggota BPD, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, maupun sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Pada acara pembukaan, Kades Kolowa Yasman, S.Pd mengapresiasi kerja keras Bupati Samahuddin dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur berupa jalan beraspal di Kabupaten Buton Tengah.

"Salah satu kesyukuran kami masyarakat Kolowa, jalan raya yang semula rusak parah kini sudah diaspal dengan mulus, sehingga dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat pengguna jalan. Ini berkat kerja keras pak Bupati, karena majunya sebuah daerah tergantung pada visi misi dan manajemen pemimpinnya," ungkapnya.

Ia juga berharap, Desa Kolowa Kecamatan Gu, maupun Kabupaten Buton Tengah secara umum bisa semakin maju dan dapat bersaing dengan daerah lain di bawah kepemimpinan H. Samahuddin, SE.

"Harapan kita mudah-mudahan pak Samahuddin bisa terus kembangkan Buton Tengah menjadi daerah maju, terutama di desa kita, yaitu Desa Kolowa," harap Yasman.

Bupati Buteng H. Samahuddin, SE dalam sambutannya juga bertekad untuk memajukan daerah yang dipimpinnya melalui Berbagai program yang ia gagas. Selain pembangunan jalan, salah satunya juga melalui pembangunan pagar seragam di setiap desa/kelurahan. 

Pembangunan pagar seragam selain bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat maupun para pengendara kendaraan bermotor, juga menjadikan penataan wilayah pedesaan yang bernilai seni, sehingga dapat menarik minat para pengunjung dari daerah-daerah lain.

"Untuk memperindah kita punya daerah sendiri, sekarang saya sudah buka jalan menjadi semakin bagus, pagar seragam juga kita sudah mulai bangun, insyaallah keluarga-keluarga dari Baubau maupun daerah lainnya juga semakin betah bila berkunjung ke Buton Tengah," kata Samahuddin.

Dikatakannya pula, ia telah menginstruksikan para kepala desa untuk pembangunan fondasi, kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan pagar seragam sepanjang jalan pada masing-masing desa/kelurahan.

"Kalau sudah selesai satu maka nanti kita pindah lagi, sekarang pembangunan pagarnya meliputi Desa Kolowa, Wadiabero, Kamama, Rahia dan Desa Wakeakea, untuk sementara lima desa dulu untuk di Kecamatan Gu," ujarnya.

"Untuk setiap pintu gerbang di depan rumah warga ada yang lebar tiga meter, dan bagi warga yang mempunyai mobil maka kita kasih lebar sampai empat meter, tinggi fondasinya itu 60 centimeter, nanti bila ada perbaikan jalan maka tidak serta merta tenggelam fondasi pagar, sehingga saya antisipasi memang," tambahnya mengakhiri. (Anto Buteng)