130 Catar Angkatan ke-69 Terima Pembekalan dari Gubernur AAL

130 Catar Angkatan ke-69 Terima Pembekalan dari Gubernur AAL

MALANG - Sebanyak 130 Calon Taruna (Catar) Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-69 Tahun 2020 yang telah dinyatakan lolos dalam Sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhit) tingkat TNI AL kemarin, menerima pembekalan dari Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, SE., MM, di Gedung Gelombang Samudera, Pangkalan TNI AL (Lanal) Malang, Provinsi Jawa Timur, Minggu (23/2020).

Catar AAL Angkatan ke-69 Tahun 2020 yang terdiri dari 120 pria dan 10 Wanita ini, tampak semangat menyimak pembekalan Gubernur AAL sebelum mengikuti keputusan akhir seleksi dan dididik sebagai Taruna AAL di Resimen Candradimuka, Akademi TNI Magelang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Direnbang AAL Kolonel Laut (P) Ferry Supriadi, Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Arief Budiman, Kalapetal Kolonel Laut (P) Deni Herman, S.T., M.A.P CHRMT, Kadeppel AAL, Danlanal Malang serta tujuh Perwakilan Pejabat Taruna AAL Tingkat IV.

Dalam pengarahannya, Gubernur AAL mengucapkan selamat kepada Calon Taruna/ni yang telah berjuang sampai pada tahap ini. Ia juga mengatakan bahwa saat ini para Catar tinggal menunggu keputusan di Magelang, untuk dididik menjadi Taruna AAL dan calon calon pemimpin TNI AL di masa mendatang.

Dalam pembekalanya, Gubernur AAL  mengangkat tema: Millennial Leadership dengan tugas tugas TNI yang semakin kompleks dan penuh dengan tantangan.

Gubernur AAL mengungkapkan, generasi ini sudah memasuki generasi Z, memiliki keunggulan yang harus dikembangkan. Gubernur nenekankan agar terus menggali ilmu jangan merasa puas dengan capaiaan ini, karena kedepan harus melaksanakan pendidikan berat di Mencandra selama enam bulan.

"Kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Angkatan Laut, dan setelah dilantik nanti menjadi seorang Perwira TNI AL dari situlah kalian mulai mengabdikan diri untuk NKRI," ungkapnya dalam keterangan persnya.

Menurutnya, Catar harus mulai peka terhadap perkembangan globalisasi, perkembangan teknologi yang berbasis digital application, perdagangan antara negara tanpa batas serta sistem manajemen semakin modern. Hal ini menjadi tolak ukur dan tantangan untuk meningkatkan kemampuan diri.

AAL lanjut Gubernur, mempunyai visi misi mendidik Taruna menjadi seorang Perwira TNI AL yang berjiwa pejuang Pancasila dan Saptamarga, serta menjadi Perwira yang Tanggon, Tanggap dan Trengginas.

Diakhir pembekalannya, Laksda TNI Edi Sucipto berpesan, agar dimasa pandemi ini para Catar harus selelau menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

"Patuhi anjuran pemerintah untuk pencegahan Covid-19, sehingga kalian dalam melaksanakan pendidikan nantinya bisa terhindar dari penularan Covid-19," imbuhnya.

Selain pembekalan dari Gubernur AAL, Catar AAL angkatan ke-69 ini juga menerima pembekalan dari Komandan Resimen AAL tentang Persustar (Peraturan Khusus Taruna).